-->

Cara membuat dan memodifikasi google custom search engine pada blogger

Cara membuat dan memodifikasi google custom search engine pada blogger

Di kesempatan kali ini saya akan membahas cara membentuk dan  memodifikasi google custom search engine. Sebuah kotak pencarian menyampaikan pengguna yang luar biasa, menghasilkan penggunjung untuk menggunakan simpel menavigasi serta mencari topik yang diinginkan di blog anda. Blogger sebenarnya memiliki fitur pencarian pada navbar serta anda pula dapat menambahkan built-in kotak pencari blogger pada blog anda.

https://kurniawanotes.blogspot.com/2017/10/cara-membuat-dan-memodifikasi-google-custom-search-engine-pada-blogger.html
Cara membuat dan  memodifikasi google custom search engine pada blogger


Tetapi, kelemahan utama asal navbar adalah bahwa yang akan terjadi pencarian yang dihasilkan oleh kotak penelusuran ini tidak tepat. Pada hal ini, anda bisa memakai google custom search engine buat mendapatkan yang akan terjadi pencarian yang lebih baik pada blog anda.

Google custom search engine ialah fasilitas yang pada sediakan oleh google pada sebuah form pencarian buat blog atau website kita. Dengan kata lain, ketika pengguna mencari kata kunci eksklusif di kotak pencari, maka akan menampilkan seluruh konten yg relevan di situs anda. Sama halnya Jika anda menggunakan pencarian milik google.

Saya sarankan anda lebih baik mempunyai google custom search engine pada blog anda, karena akan memberikan akibat pencarian yang sempurna buat pengunjung anda yg akan membentuk mereka tetap pada situs anda pada jangka saat yang usang.

Selain itu juga anda bisa menaikkan penghasilan google adsense anda, di kotak pencarian anda. Buat anda yg mau membuatnya saya akan menyampaikan dua cara menghasilkan google search engine ini silahkan anda ikuti intruksi aku  di bawah ini sebagai berikut.

1. Membuat google custom search engine buat sidebar blogger

Pertama-tama anda masuk ke website google search engine https://cse.Google.Com/cse/. Kemudian anda login menggunakan cara mengklik create a custom search engine.

Sesudah masuk dalam dasbhoard gcse, lanjutkan dengan mengklik new search engine. Sehabis itu silahkan anda isi kotak yg sudah tersedia dengan cara pada bawah ini.
Isi dengan url alamat blog anda.
Anda harus mengganti bahasa dengan bahasa yang dipergunakan dalam konten blog.
Buat nama mesin pencari anda, bebas mau gunakan nama apa.
Sesudah  mengisi data di atas lalu klik create.
Kemudian anda akan diarahkan ke tab baru disitu terdapat 3 pilihan get code, public url serta control panel, anda klik control panel untuk menyesuaikan tampilan google cse anda.

Selesainya itu anda akan pada bawa dalam dasbhoard google cse anda, kemudian klik look and feel>>themes>>minimalist disebalah kiri anda kemudian. Klik save and get code.

Maka anda akan melihat kode script seperti gambar di bawah silahkan di copy dahulu kode anda.
Kode unit berasal google custom seach engine

Langkah selanjutnya anda masuk pada dasbhoard blog anda. Lalu klik tata letak>>buat widget baru>>html/javascript>> pastekan kode yang anda untuk tersebut>>terselesaikan serta lihat hasilnya.

Dua. Cara memodifikasi kotak pencarian menggunakan google custom search engine sendiri

Pada langkah memodifikasi kotak pencarian yang telah ada pada blog anda, aku  sarankan untuk membentuk laman baru terlebih dahulu. Kegunaanya buat memasukan javascript google pencarian anda nanti. Anda isi berapa kata dalam halaman tadi kemudian anda publikasikan sebagai akibatnya anda memiliki url mirip ini http://nama-bloganda/p/google-search.Html.  Sekarang mari kita membuat google custom search engine silahkan ikuti tutorial di bawah ini.
  • Anda masuk ke website https://cse.Google.Com/cse/.
  • Kemudian klik new search engine.
  • Silahkan anda isi seperti saat anda menghasilkan kotak pencarian buat sidebar pada langkah diatas klik create.
  • Kemudian anda klik control panel. Ketika dalam dasbhord gsce anda scroll ke bawah lalu klik advenced kemudian anda ganti search engine encoding dari unicode (utf-8) menjadi west european latin-1 (iso-8859-1).

Cara menghasilkan google custom search engine pada blogger dengan praktis
  • Search encoding
  • Kemudian klik look and feel>>layout>>two halaman>>save and get code.
  • Maka akan ada kode script gsce anda jangan dicopy dahulu. Anda klik search results details.

Langkah anda masukkan url page yang tersebut kita buat lalu klik save. Buat jelasnya lihat gambar pada bawah ini.

Cara membentuk google custom search engine pada blogger menggunakan praktis
Kode unit html. Selesainya itu anda klik next:get code for search results. Maka kode script tersebut akan berganti lalu anda copy kode tersebut.

Selesaikan tahap cara install google custom search engine pada blogger. Anda masuk dalam dasbhoard blog. Lalu klik halaman cari halaman yg tersebut anda buat tadi, lalu anda hapus isi goresan pena yg anda buat, kemudian pastekan kode script asal google search engine menggunakan html bukan compose lalu publikasikan kembali.

<script>
  (function()
    var cx = '008866852953215941429:hgyqwx-wv28';
    var gcse = document.Createelement('script');
    gcse.Type = 'text/javascript';
    gcse.Async = true;
    gcse.Src = 'https://cse.Google.Com/cse.Js?Cx=' + cx;
    var s = document.Getelementsbytagname('script')[0];
    s.Parentnode.Insertbefore(gcse, s);
  )();
</script>
<gcse:searchbox-only></gcse:searchbox-only>

Informasi:

Kode yg saya beri block hijau artinya contoh kode unit gsce. Setiap blog tidak selaras maka anda harus mengingatnya.

  • Langkah selanjutnya klik template>>edit html.
  • Cari html kotak pencarian anda kurang lebih seperti ini.

<form action='/search' id='search-form' method='get' style='display: inline;'><input id='search-box' name='q' onblur='if(this.Value=='')this.Value=this.DefaultValue;' onfocus='if(this.Value==this.DefaultValue)this.Value='';' type='text' value='Search...' vinput=''/> <input id='search-button' type='submit' value='Go'/></form>
  • Langkah anda ialah mengubah kode html /search menggunakan alamat usang anda sebagai akibatnya menjadi seperti ini.

 <form action= '/p/google-search.Html' id='search-form' method='get' style='display: inline;'>
Lalu anda copy kode pada bawah ini.
<Input name='cx' type='hidden' value='partner-pub-008866852953215941429:05zgbpix6wg'/> <Input name='cof' type='hidden' value='FORID:10'/> <input name=' ie ' type='hidden' value='ISO-8859-1'/>

Catatan:
Ganti goresan pena yang aku  beri block warna biru dengan kode unit gsce anda.

Lalu anda pastekan ke pada kode html kotak pencari anda sehingga menjadi seperti ini.

<form action= '/p/google-search.Html' id='search-form' method='get' style='display: inline;'><Input name='cx' type='hidden' value='partner-pub-008866852953215941429:05zgbpix6wg'/> <Input name='cof' type='hidden' value='FORID:10'/> <input name=' ie ' type='hidden' value='ISO-8859-1'/><input id='search-box' name='q' onblur='if(this.Value=='')this.Value=this.DefaultValue;' onfocus='if(this.Value==this.DefaultValue)this.Value='';' type='text' value='Search...' vinput=''/> <input id='search-button' type='submit' value='Go'/></form>

Simpan template anda serta lihat hasilnya.

Berita:
Jika berhasil kotak pencarian anda akan mirip kotak pencarian pada template ini.

3. Cara memonetasi google cse menggunakan adsense

Spesifik bagi anda yang telah sebagai publisher google adsense, bagi yang belum menjadi publikasi ga anda bisa belajar siapa tahu suatu hari nanti bisa pada terima oleh google adsense.
Sekarang anda login lagi ke https://cse.Google.Com/cse/. Kemudian anda klik nama mesin pencarian anda yg tersebut didesain di langkah pada atas. Selesainya anda masuk kemudian anda klik make money disamping basics. Kemudian anda gulirkan tombol off menjadi on buat mengaktifkan akun adsense anda pada kotak pencarian anda tadi.

Selesai.


  • Semoga artikel kali ini bisa membantu anda membuat kotak mesin pencarian anda sendiri serta bermanfaat. Jika terdapat pertanyaan silahkan berkomentar pada bawah

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara membuat dan memodifikasi google custom search engine pada blogger"

Iklan Atas Artikel

https://kurniawanotes.blogspot.com/

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel