-->

Konsep Dan Servis utama Pusat Data

Pusat Data merupakan fasilitas yang digunakan untuk penempatan beberapakumpulan server atau sistem komputer dan sistem penyimpanan data (storage) yangdikondisikan dengan pengaturan catudaya, pengatur udara, pencegah bahaya kebakaran dan biasanya dilengkapi pula dengan sistem pengamanan fisik.



Servis utama yang secara umum diberikan oleh pusat data adalah sebagai berikut:


1. Business Continuance Infrastructure (Infrastruktur yang Menjamin Kelangsungan Bisnis) Aspek-aspek yang mendukung kelangsungan bisnis ketika terjadi suatu kondisi kritis terhadap pusat data. Aspek-aspek tersebut meliputi kriteria pemilihan lokasi pusat data, kuantifikasi ruang pusat data, laying-out ruang dan instalasi pusat data, sistem elektrik yang dibutuhkan, pengaturan infrastruktur jaringan yang scalable, pengaturan sistem pendingan dan fire suppression.


2. DC Security Infrastructure (Infrastruktur Keamanan Pusat data)Terdiri dari sistem pengamanan fisik dan non-fisik pada pusat data. Fitur sistempengamanan fisik meliputi akses user ke pusat data berupa kunci akses memasukiruangan (kartu akses atau biometrik) dan segenap petugas keamanan yang mengawasikeadaan pusat data (baik di dalam maupun di luar), pengamanan fisik juga dapatditerapkan pada seperangkat infrastruktur dengan melakukan penguncian dengan kuncigembok tertentu. Pengamanan non fisik dilakukan terhadap bagian software atau sistemyang berjalan pada perangkat tersebut, antara lain dengan memasang beberapaperangkat lunak keamanan seperti access control list, firewalls, IDSs dan host IDSs, fiturfitur keamanan pada Layer 2 (datalink layer) dan Layer 3 (network layer) disertai dengan manajemen keamanan.


3. Application Optimization (Optimasi Aplikasi)Akan berkaitan dengan layer 4 (transport layer) dan layer 5 (session layer) untukmeningkatkan waktu respon suatu server. Layer 4 adalah layer end-to-end yang palingbawah antara aplikasi sumber dan tujuan, menyediakan end-to-end flow control, end-toend error detection & correction, dan mungkin juga menyediakan congestion control
tambahan. Sedangkan layer 5 menyediakan 11 riteri dialog (siapa yang memiliki giliran
berbicara/mengirim data), token management (siapa yang memiliki akses ke resource
bersama) serta sinkronisasi data (status terakhir sebelum link putus). Berbagai isu yan g
terkait dengan hal ini adalah load balancing, caching, dan terminasi SSL, yang bertujuan
untuk mengoptimalkan jalannya suatu aplikasi dalam suatu sistem.


4. Infrastruktur IPInfrastruktur IP menjadi servis utama pada pusat data. Servis ini disediakan pada layer 2 dan layer 3. Isu yang harus diperhatikan terkait dengan layer 2 adalah hubungan antara server farms dan perangkat layanan, memungkinkan akses media, mendukungsentralisasi yang reliable, loop-free, predictable, dan scalable. Sedangkan pada layer 3,isu yang terkait adalah memungkinkan fast-convergence routed network (sepertidukungan terhadap default gateway). 
Kemudian juga tersedia layanan tambahan yangdisebut Intelligent Network Services, meliputi fitur- fitur yang memungkinkan application services network-wide, fitur yang paling umum adalah mengenai QoS (Quality of Services), multicast (memungkinkan kemampuan untuk menangani banyak user secara konkuren), private LANS dan policy-based routing.

5. Media Penyimpanan Terkait dengan segala infrastruktur penyimpanan. Isu yang diangkat antara lain adalah arsitektur SAN, fibre channel switching, replikasi, backup serta archival.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Konsep Dan Servis utama Pusat Data"

Iklan Atas Artikel

https://kurniawanotes.blogspot.com/

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel